Konsep Dasar New Media

Standar


I. Definisi New Media

Apa itu New Media ?

       New Media dapat kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia sebagai “media baru”. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Media adalah alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk. Sementara Baru adalah belum pernah ada (dilihat) sebelumnya, Jadi kalau digabungkan media baru adalah alat komunikasi yang diciptakan pada saat ini dan belum pernah ditemukan diwaktu sebelumnya .

       Menurut Wikipedia, Media baru (bahasa Inggris: new media) merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah Internet. Program televisi, film, majalah, buku, suratkabar, dan jenis media cetak lain tidak termasuk media baru.

II. Pandangan Mengenai New Media

       Menurut saya  New Media adalah suatu hal yang akan terus berkembang  menyesuaikan dengan perkembangan zaman, akan banyak media – media baru yang lahir sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam menyelesaikan suatu permasalahan . Sebagai contoh Internet merupakan salah satu media baru yang sangat banyak manfaatnya dirasakan oleh masyarakat saat ini, dengan internet kita dapat lebih mudah dalam menyelesailkan pekerjaan, kita juga bisa mencari dan mendapatkan banyak informasi – informasi baru secara aktual dan akurat, kita juga bisa lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan aplikasi Social Networking dan juga terdapat banyak hal yang dapat kita manfaatkan misalnya untuk berbisnis, edukasi dan lain lain.

       Dibalik itu semua, tentu kita harus bijak dan berhati – hati dalam menggunakan media – media baru yang ada sekarang ini, karena banyak dampak buruk yang bisa ditimbulkan seperti semakin meningkat tingkat kemalasan dikalangan masyarakat karena semakin banyak media baru yang dapat mempermudah dalam menyelesaikan setiap pekerjaan kita dan juga banyak tindak kejahatan yang dilakukan oleh oknum – oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab.

III. Manfaat New Media

     Semakin banyak media – media baru, semakin banyak pula manfaat yang dirasakan oleh kalangan masyarakat yang menggunakannya, berikut adalah contoh manfaat new media dalam beberapa bidang:

  • Pendidikan

      Dengan adanya New Media seperti Internet, proses belajar mengajar menjadi tidak terbatas hanya dalam ruangan kelas saja tetapi bisa dilakukan dengan cara Virtual Class dan juga kita bisa lebih mudah mencari atau sharing referensi – referensi ilmu melalui Google, Wikipedia, Blog atau web lainnya yang serupa. Para pengajar bisa lebih mudah dalam memberikan modul materi  berupa E-Book, dan para pelajar dapat lebih mudah mendapatkan dan mempelajari modul berupa E-Book tersebut.

  • Bisnis

     Online shop merupakan media alternatif terbaru yang digunakan dalam proses jual beli, manfaat ini yang dirasakan oleh kalangan pembisnis atau masyarakat yang sedang ingin mencoba – coba bidang ini, proses jual beli sudah tidak perlu datang terlebih dahulu ke toko – toko tertentu untuk membeli barang yang diinginkan tetapi pembeli dapat memesan langsung melalui webstore sesuai barang yang diinginkan dan barang bisa langsung diantar kealamat rumah kita. Kaskus adalah salah satu contoh situs yang menyediakan forum jasa ini dan banyak digunakan oleh kalangan masyarakat.

  • Komunikasi

        Siapa yang tidak tahu Facebook, Twitter, Yahoo Messanger, Skype, Whatsapp, Blackberry Messanger dan banyak lagi aplikasi jejaring sosial lainnya? Pasti sebagian besar kalangan masyarakat pengguna Internet mengetahuinya dan merasakan manfaatnya yaitu dapat lebih mudah melakukan komunikasi dengan orang lain kapan saja dan dimana saja.

  • Kesehatan

       Sebelum memutuskan untuk memeriksakan diri ke rumah sakit, kita bisa memanfaatkan Media Internet untuk mencari dan mendapatkan informasi – informasi mengenai suatu penyakit atau pun obat untuk mengatasinya. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan banyak tips – tips mengenai kesehatan.

  • Pekerjaan

        Jika dahulu seseorang yang mencari suatu pekerjaan harus melihat surat kabar (koran) terlebih untuk mencari tahu lowongan pekerjaan dan setelah itu datang langsung untuk melamar ke perusahaan yang diinginkan, sekarang dengan adanya media baru seperti Internet, kita dapat lebih mudah untuk mencari informasi – informasi mengenai lowongan pekerjaan dari suatu perusahaan, dengan mengunjungi situs yang memang khusus untuk mencari pekerjaan seperti Jobstreet.com ataupun dengan langsung mengunjungi website perusahaan yang diinginkan .

IV. Komponen New Media

       Komponen New Media ialah yang berkaitan dengan peripheral platform yang digunakan dalam mengakses new media, berikut adalah beberapa contohnya :

  • Laptop atau Komputer

  • Smartphone

  • Tablet

  • Ponsel

  • Internet

IV. Aplikasi New Media

  • Facebook

           Siapa yang tidak mengenal facebook, kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan jejaring sosial yang sudah sangat mendunia ini. Dari segala kalangan bisa memiliki akun ini untuk melakukan komunikasi dengan orang terdekat, rekan kerja ataupun kenalan baru, untuk berbagi informasi, foto, video, atau hanya untuk sekedar chating . Menurut Wikipedia, Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan bergerak.

  • Twitter

           Twitter merupakan salah satu pesaing facebook yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna.

  • Youtube

           YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Banyak artis yang terkenal melalui situs ini, karena video mereka yang menarik banyak penonton, sebagai contohnya Sinta dan Jojo, Justin Bieber, dan banyak lagi.

  • Google

              Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya, dengan fitur search engine dari google kita bisa mencari hal apa saja yang kita butuhkan, google juga memiliki fitur email yaitu gmail yang bisa kita gunakan untuk mengirim pesan secara elektronik, selain itu juga terdapat fitur bloging yaitu blogspot yang bisa kita gunakan untuk membuat website pribadi.

  • Skype

           Menurut Wikipedia, Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Jadi dengan program ini kita bisa lebih mudah untuk berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain.

  • Wikipedia

           Keistimewaan Wikipedia adalah selain menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia, Wikipedia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanak, majalah spesialis, dan topik-topik berita yang masih hangat. Banyak orang yang menggunakan Wikipedia ini untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan rumah.

  • Koprol

           Koprol, atau sekarang yang dikenal dengan Yahoo! Koprol, merupakan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di Indonesia. Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama.

  • Instagram

           Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

    Referensi

http://kbbi.web.id/

http://id.wikipedia.org/wiki/Media_baru

http://e-learning.kuroartz.web.id/blog-newmedia.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook

http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter

http://id.wikipedia.org/wiki/YouTube

http://id.wikipedia.org/wiki/Google

http://id.wikipedia.org/wiki/Skype

http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia

http://id.wikipedia.org/wiki/Koprol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s