Konsep Teknologi Konvergensi . Jejaring Sosial . Podcasting . RSS . IPTV

Standar

Konsep Teknologi Konvergensi

          Kata konvergensi diadaptasi dari kata dalam bahasa Inggris yaitu convergence, menurut Kamus karya John M. Echols dan Hassan Shadily (1998) , berarti tindakan bertemu / bersatu di suatu tempat. Pengertian kata tersebut dalam tatanan ideal memberikan pemahaman, kenvergensi hanya akan terjadi apabila optimalitas telah tercapai, artinya tidak aka nada tindakan untuk melakukan konvergensi apabila pelaku bisnis sendiri belum sampai pada tahap optimal mengelola setiap elemen usahanya.

          Konvergensi teknologi digital merupakan kombinasi dari computing, komunikasi, serta teknologi media digital. Konvergensi ini tidak mempunyai batasan jarak dan waktu, berbasis information sharing. Interaksi yang muncul bervariasi, mulai dari real- time one to one hingga mass audiences on demand. Konvergensi teknologi digital mengintegrasi seluruh media digital, mengkombinasikan interaksi dan berbagai media dengan mekanisme dan tools yang inovatif.

Sejarah

          Evolusi media dari analog ke digital yang akhirnya menciptakan istilah konvergensi media tidak lepas dari perjalanan panjang. Jika melihat ke belakang, konvergensi media tidak lepas dari sejarah yaitu ketika konvergensi media mengubah secara drastis dunia media.

          John Fiske dalam bukunya “Cultural and Communication Studies”(2004), mengungkapkan kode-kode digital lebih mudah dipahami karena unit-unitnya dibedakan dengan jelas, berlainan dengan kode-kode analog yang bekerja dalam suatu skala kontinu. Jadi tidaklah heran jika dalam orientasi perkembangan peradaban manusia mengarah pada proses digitalisasi atau dengan kata lain proses menuju kemudahan, kelengkapan, dan kecepatan dalam mendapatkan dan memahami berbagai informasi.

Teknologi konvergensi digital mempunyai berbagai macam bentuk :

World Wide Web (WWW)

         WWW memiliki high impact dengan mengubah keseluruhan konvergensi digital dengan membawa visi perubahan ke sebuah dunia inovasi yang baru pada individu, perusahaan media dan penyedia teknologi dan komunikasi. Untuk melihat bentuk interaksi baru manusia dan mode baru akses informasi, dapat digunakan Web- extensions (CGI dan Java).

Broadband

          Merupakan koneksi internet transmisi data yang memiliki kecepatan tinggi. Teknologi broadband mampu menggabungkan lebih dari satu channel ke dalam transmisi komunikasi. Teknologi yang tergolong dalam jenis ini diantaranya adalah sinyal televisi, televisi kabel, satelit, SONET, dan lain-lain.

Baseband

         Merupakan metode penggunaan media komunikasi dimana frekuensi yang dilewatkan pada carrier hanya satu buah untuk mentransmisikan data. Salah satu contoh pengguna metode baseband adalah ethernet.

Bandwidth

         Merupakan besaran lalu lintas data yang diperbolehkan melalui website anda ke seluruh internet. Besaran bandwidth yang bisa disediakan perusahaan hosting ditentukan oleh koneksi jaringan mereka, baik yang melalui internal (data center) mereka maupun ke eksternal (internet publik).

Narrowband

         Merupakan pita dengan saluran sempit nirkabel dan hanya memiliki kapasitas yang kecil. Narrowband dapat digunakan dengan audio spektrum untuk menggambarkan suara yang menempati rentang frekuensi yang cukup sempit. Pada telepon, narrowband berfungsi untuk menutup frekuensi 300-3400 Hz.

VPN

         Merupakan sebuah koneksi virtual karena pada dasarnya jaringan ini tidak ada secara fisik hanya berupa jaringan virtual dan disebut private karena jaringan ini merupakan jaringan yang sifatnya private yang tidak semua orang bisa mengaksesnya.

Manfaat

Pendidikan

         Dengan internet sebagai media bantunya, kita dapat mencari berbagai macam wawasan baru. Tidak hanya internet, televisi dan radio juga bisa menjadi media untuk kita mendapatkan wawasan lebih dalam.

Sosial

         Banyak yang merasakan dari pemanfaatan IT dan konvergensi dibidang ini, karena kita dapat berkomunikasi dengan mudah dengan siapa saja, menciptakan hubungan yang harmonis dengan masyarakat luas.

Ekonomi

         Banyak sekali contoh kasus dari pemanfaatan IT di bidang ekonomi. Tujuannya untuk memudahkan kita bertransaksi dengan masyarakat juga dapat menghemat waktu. Banyak media untuk melakukan prosesnya, yaitu handphone, televisi, koran, internet dll

Dampak Negatif

         Selain Dampak Positif, Teknologi Konvergensi juga memiliki dampak negatif untuk manusia, contohnya manusia bisa menjadi ketagihan kepada media digital sehingga mengurangi interaksi manusia tersebut dengan lingkungan sekitarnya karena sudah terbiasa dengan sesuatu yang instan dan merasa lebih nyaman berkomunikasi melalu media digital.

*****

Konsep Jejaring Sosial

          Situs jejaring sosial (bahasa Inggris: Social network sites) merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna.

         Sedangkan menurut J.A. Barnes (1945) jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring inimenunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas,mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga.

Sejarah

         Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia. Situs jejaring sosial pertama, yaitu Sixdegrees.com mulai muncul pada tahun 1997. Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosial lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis. Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan friendster, Flick R, You Tube, Myspace. Hingga akhir tahun 2005, friendster dan Myspace merupakan situs jejaring sosial yang paling diminati.

         Memasuki tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace mulai tergeser dengan adanya facebook. Facebook dengan tampilan yang lebih modern memungkinkan orang untuk berkenalan dan mengakses informasi seluas-luasnya. Tahun 2009, kemunculan Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda. Twitter menggunakan sistem mengikuti – tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow). Tahun 2012,muncul kembali dan menambah kembali situs jejaring sosial untuk semua usia yang bernama Ketiker. Ketiker adalah situs web yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut post.

Cara Kerja

         Berikut ini adalah contoh gambar cara kerja situs jejaring sosial pada umumnya. Seseorang yang memiliki profile account dalam sebuah situs jejaring sosial memiliki link dengan sesama pemilik profile account di situs jejaring sosial tersebut. Misalnya, seseorang mempunyai profile account dalam facebook dan memiliki 200 atau lebih link profile account milik teman-temannya sesama pengguna facebook. Dengan cara kerja seperti itu, makasangat mudah untuk mencari relasi baru melalui situs jejaring sosial.

Layanan

         Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.

Contoh situs – situs jejaring sosial :

Facebook ( http://www.facebook.com )

Twitter (www.twitter.com )

Plurk ( http://www.plurk.com )

Manfaat

         Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.

Dampak Negatif

         Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.

*****

 

Konsep PODCASTING

       Podcast adalah jenis media digital yang terdiri dari serangkaian episodik audio, video, PDF, atau file ePub file berlangganan dan download melalui sindikasi web atau streaming secara online ke komputer atau perangkat mobile. Podcast berasal dari “broadcast” dan “pod” dari kesuksesan iPod, podcast sering digunakan untuk mendengarkan pada pemutar media portabel. Dalam konteks perangkat Apple, istilah “Podcast” mengacu pada audio dan versi video podcast, sedangkan versi tekstual podcast diklasifikasikan dalam aplikasi yang dikenal sebagai Newsstand.

Sejarah

          Istilah “podcasting” pertama kali muncul dalam sebuah karangan artikel oleh Ben Hammersley di surat kabar The Guardian pada Februari 2004, bersama dengan istilah lain yang diusulkan untuk menamakan teknologi baru ini. “Podcast” merupakan lakuran kata “pod” — “playable on demand” (dimainkan atas permintaan), yang kelak digunakan Apple Computer (sekarang Apple) untuk merek pemutar-media-saku (portable media player) iPod — dan “broadcasting” (penyiaran). Nama ini dapat menyesatkan, karena siniar dapat digunakan tanpa iPod, atau bentuk pemutar-media-saku lain; isi-kandungannya dapat diperoleh dengan komputer yang dapat memainkan berkas media. Penggunaan istilah “podcast” mendahului adanya dukungan asal (native support) untuk layanan siniar bagi iPod, atau perangkat lunak Apple iTunes. Untuk menghindari keterkaitannya dengan istilah “iPod”, beberapa orang memakai istilah “netcast” sebagai pengganti “podcast”, seperti siniarwan (podcaster) TWiT.tv Leo Laporte. Singkata balik (backronym) telah diusulkan supaya “podcast” dapat diuraikan sebagai “personal on demand broadcast” (penyiaran atas permintaan pribadi).

Cara Kerja

         Setiap orang yang memiliki komputer dan akses ke Internet dapat turut berpartisipasi menyajikan konten untuk layanan podcast. Anda dapat merekam suara, atau lagu, kemudian menyimpannya dalam format MP3 dan meng-upload-nya ke salah satu website podcast yang ada. Contoh website penyedia layanan podcasting seperti iPodder atau iTunes.

Layanan

          Deutsche Welle adalah stasiun pemancar radio publik pertama yang sejak kampanye pemilu Amerika Serikat 2004 sudah menawarkan siaran dalam bentuk podcast. Saat itu penawarannya masih terbatas produk audio, namun kini Anda dapat menikmati siaran kami lewat videopodcast. DW-WORLD.DE menyediakan lebih dari 50 macam audio- dan videopodcast yang dapat Anda unduh setelah berlangganan. Tawaran kami adalah dari siaran radio dan televisi, kursus bahasa hingga kliping.

Manfaat

– Podcasting menyenangkan, karena semua orang dapat ikut terlibat, mengekspresikan diri, atau bertukar pikiran dan produk mereka.

– Dalam podcasting, ribuan orang sudah terlibat, setiap orang berbeda dengan podcasting mereka. Dan tidak perlu sebuah Studio atau sebuah lisensi FCC.

– Hanya memerlukan sebuah microphone, komputer dan sesuatu yang dapat dibagikan.

– Mudah untuk dikendalikan.

– Tidak perlu takut kepada spam atau virus, karena Podcasting menggunakan RSS.

*****

Konsep RSS

 

          RSS merupakan singkatan dari Really Simple Syndication atau Rich Site Summary. Secara sederhana, RSS bisa diartikan sebagai versi sederhana dari sebuah website yang menggunakan XML. Biasanya digunakan pada website website yang memperbaharui isi web secara berkala (dinamis), seperti contohnya portal dan juga blog.

         Tujuan utama kita dalam membuka sebuah situs website seperti portal dan blog adalah mendapatkan informasi, namun pada saat membuka website tersebut ada beberapa elemen yang mau tidak mau juga ikut termuat, seperti header, banner, footer, widget, plugin dan aksesoris lain yang sebenarnya banyak yang tidak Anda butuhkan. Nah, RSS adalah solusi untuk permasalahan ini. Dengan RSS Anda bisa mendapatkan informasi dari sebuah website dengan menampilkan isi atau content saja, tanpa header, banner, footer, widget dan lain sebagainya.

Sejarah

          RSS awalnya dibuat oleh Netscape sekitar tahun 1997, Netscape Communications merupakan perusahaan top yang sukses dengan produk web browser Netscape Navigator di masa lalu. Mereka menggunakan dokumen dengan format XML untuk mendistribusikan informasi, baik itu berita, info cuaca dan lain sebagainya. Versi RSS awal ditandai dengan versi 0.90 dan digunakan di situs Netscape waktu itu (my.netscape.com). RSS pada saat yang sama juga dikembangkan oleh UserLand Software dan mengadopsi dari versi 0.91 milik Netscape.

Layanan

RSS Feed

          Hampir setiap situs atau blog memiliki Feed (umpan) baik atom.xml, RSS, dan lainnya. Fungsi dari RSS Feed adalah mempermudah pembaca untuk selalu up to date dengan tulisan-tulisan yang disajikan oleh situs atau blog yang mereka sukai. Tentunya tanpa mereka berkunjung langsung ke situs/blog tersebut.

RSS Reader

         RSS juga memastikan privasi menjadi aman. yang tadinya kita berlangganan mengikuti sebuah web dengan cara pengiriman Email menjadi hanya membutuhkan sebuah RSS Reader.

Penyedia Layanan RSS

Ada beberapa website yang menyediakan RSS, antaralain :

1. Pheedo.com

2. Feedm8.com

3. Feedburner.com/fb/a/advertising

4. Text-Link-Ads.com/feedvertising

Manfaat

1. Menjalin hubungan lebih erat dengan pelanggan. Pelanggan yang mendaftar RSS anda akan terus mendapatkan informasi terkini mengenai bisnis anda.

2. Jaminan konten sampai. Beda dengan email marketing yang kadang tak sampai 100% berhasil masuk ke email pelanggan, menggunakan RSS pasti sampai ke alat RSS mereka.

3. Menerbitkan konten sangat mudah. Update konten terbaru akan sampai di RSS reader pembaca.

4. Mudah menyebar di internet. Melalui RSS, konten dan berita dari website anda mudah tersebar secara luas di internet.

5. Membuat pengunjung datang lagi. Pengunjung yang baru pertama kali datang ke website atau blog anda, setelah mendaftar di RSS, besar kemungkinan akan datang kembali.

6. Melihat kebiasaan pengunjung. Melalui RSS juga bisa dilacak bagaimana kebiasaan pelanggan RSS anda. seberapa sering membaca dan mengklik link konten anda melalui feed.

*****

Konsep IPTV

          Definisi resmi disetujui oleh kelompok Telekomunikasi fokus pada IPTV International Union (ITU-T FG IPTV) adalah sebagai berikut:

“IPTV didefinisikan sebagai pelayanan multimedia diantaranya televisi / video / audio / text / grafik / data yang disampaikan melalui jaringan berbasis IP. Sistem ini mampu memberikan tingkat kualitas pelayanan dan pengalaman, keamanan, interaktivitas dan keandalan yang dibutuhkan.”

         Definisi Lain yang resmi dan lebih rinci IPTV datang dari Alians Telecomunication Industry Solution (ATIS), IPTV eksplorasi Group pada tahun 2005:

IPTV didefinisikan sebagai pengiriman aman dan dapat diandalkan untuk pelanggan dari hiburan video dan layanan terkait. Layanan tersebut meliputi Mei, misalnya, Live TV, Video On Demand (VOD) dan Interactive TV (iTV). Layanan ini di mengakses Disampaikan agnostik, packet switched protokol jaringan mempekerjakan Itu IP untuk mengangkut audio, video dan sinyal kontrol. Berbeda dengan video melalui Internet publik, dengan penyebaran IPTV, keamanan jaringan dan kinerja yang ketat berhasil Memastikan pengalaman hiburan unggul, Hasil dalam lingkungan bisnis yang menarik bagi penyedia konten, pengiklan dan sama Pelanggan.

Sejarah

1994 – ABC World news memancarkan siaran televisi pertama

melalui internet.

1998 – Operator Radio via Internet, AudiNet memulai webcast secara langsung menggunakan IP.

2005 – Infrastruktur jaringan pita lebar semakin meluas sehingga mampu menjangkau 200 juta perumahan.

2010 – Mampu menjangkau 400 juta perumahan.

Cara Kerja

Layanan

  1. Live tv, merupakan siaran televisi yang dipancarkan oleh stasiun-stasiun tv biasa.
  2. Video, Music and News On Demand yaitu layanan siaran musik ,video dan siaran berita sesuai permintaan penonton.
  3. Voice Over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang memungkinkan komunikasi suara dan fax dengan menggunakan jaringan berbasis IP.
  4. Parental guide, merupakan layanan untuk melindungi anak dan remaja dari siaran yang yang tidak diperuntukkan bagi usia mereka.

Kelebihan

          Penyatuan sistem transmisi televisi dan IP (Internet Protocol) sekaligus yang menggunakan infrastruktur IP tanpa harus investasi tambahan untuk area dan tower/hub transmisi, ijin frekuensi, engineer, perangkat transmisi dan lain sebagainya. Berikutnya jaringan IP memungkinkan untuk mem-broadcast lebih banyak fungsi dan isi siaran.

*****

Referensi :

http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/tmb/2478-azzahra-ulya

http://konvergensi.komunikasi.or.id/19/post/2012/09/mengenal-lebih-jauh-konvergensi-teknologi-digital-konvergensi-perusahaan-dan-konvergensi-pelayanan.html

http://itsoundsclick.blogspot.com/2011_03_01_archive.html

http://ikhsanputrapratama.blogspot.com/2012/10/konsep-teknologi-konvergensi-sebagai.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_jejaring_sosial

http://id.scribd.com/doc/51516226/3/Cara-Kerja-Situs-Jejaring-Sosial

http://www.dw.de/belajar-bahasa-jerman-dengan-podcast/a-3542288

http://kampoeng-it.blogspot.com/2012/11/definisi-manfaat-penggunaan-cara-kerja.html

http://farizankazhimi.wordpress.com/2012/11/06/konsep-teknologi-layanan-internet/

http://id.wikipedia.org/wiki/Podcasting

http://www.karawanginfo.com/?p=2504

http://blogpcplus.blogspot.com/2007/01/sejarah-rss.html

http://kampoeng-it.blogspot.com/2012/11/definisi-rss-sejarah-rss-feed-rss.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Televisi_protokol_Internet

http://e-learning.kuroartz.web.id/blog-iptv.html

http://jabartoday.com/opini/2012/06/12/2058/3037/iptv-cara-baru-nonton-tv#.UKXtvYcj5IE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s