Social Network : YouTube

Standar

     Tulisan saya kali ini, akan membahas mengenai salah satu jejaring sosial (Social Network) yang sangat populer dikalangan masyarakat saat ini, YouTube. Ya, seperti yang kita ketahui, banyak orang mendadak terkenal karenanya, berawal dari sebuah keisengan menciptakan suatu video yang unik dan menarik lalu menguploadnya ke YouTube, dan sampai akhirnya kebanjiran banyak respon dari para viewers yang mengunjungi video tersebut. Sekarang kita langsung ke pembahasannya aja ya ..

YOUTUBE itu sendiri apa sih?

youtuveYoutube Logo Broadcast Yourself

     YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) paling populer saat ini. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.

Sejarah

wpid-Chad20Hurley-Steve-Chen-and-Jawed-Karim-Youtube

      YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal. Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan Karim belajar ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign.

     Menurut cerita yang berulang-ulang diterbitkan di media, Hurley dan Chen mengembangkan ide YouTube pada bulan-bulan pertama tahun 2005 setelah mengalami kesulitan saat berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Francisco. Karim tidak datang ke pesta dan menolak pesta tersebut pernah terjadi, sementara Chen berkomentar bahwa ide YouTube tercetuskan setelah pesta makan “tampaknya diperkuat oleh metode pemasaran yang terpusat pada menciptakan cerita yang mudah dicerna konsumen”.

     YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. Kantor pertama YouTube terletak di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California. Kantor pusat YouTube saat ini di San Bruno, California. Nama domain http://www.youtube.com aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.

     Video pertama di YouTube berjudul Me at the zoo. Video ini menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di San Diego Zoo. Video ini diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih ada sampai sekarang di situs ini.

     Pada bulan Oktober 2006, Google Inc. mengumumkan bahwa mereka telah membeli YouTube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk saham. Persetujuan ini dirampungkan pada 13 November 2006.  Pada bulan Maret 2010, YouTube mulai menyiarkan konten tertentu secara gratis, termasuk 60 pertandingan kriket Indian Premier League. Menurut YouTube, ini merupakan siaran acara olahraga besar via Internet pertama di dunia yang bersifat gratis.

     Pada November 2011, jejaring sosial Google+ terintegrasi langsung dengan YouTube dan penjelajah web Chrome, sehingga video-video YouTube bisa ditonton di Google+. Bulan Desember 2011, YouTube meluncurkan antarmuka baru. Kanal video ditampilkan di kolom tengah halaman utama, sama seperti umpan berita situs-situs jejaring sosial. Pada saat yang sama, versi baru logo YouTube dipasang dengan bayangan merah yang lebih gelap. Inilah perubahan desain pertama mereka sejak Oktober 2006.

Konsep Dasar

Action —> Respon viewer —> Publikasi oleh media —–> Legitimasi —> Popularitas

     Objek melakukan aksi yang dianggap tabu, unik atau impresif dan mendapatkan respon oleh viewer. Proses respon ini bisa mengalami duplikasi yang sangat cepat dikarenakan penyebaran informasi dari satu viewer ke viewer lain, atau rasa penasaran seseorang atas perbincangan di suatu komunitas tertentu. Selanjutnya Respon ini sampai kepada respon media yang melihat ini sebagai fenomena baru yang menarik untuk diangkat yang mengakibatkan “penegasan” informasi bahwa artis A (misalnya) telah mengunggah video yang menarik dan menyaksikannya lewat internet, media masa, radio atau televisi. Proses duplikasi informasi yang berulang-ulang inilah yang secara tidak langsung menimbulkan legitimasi publik bahwa artis A telah menjadi perbincangan hangat diseluruh media dan lapisan masyarakat, setelah itu lahirlah seorang artis baru dengan mengenakan baju kebesaran “popularitas”.

Teknologi

Playback

Menonton video-video YouTube di komputer pribadi membutuhkan plug-in Adobe Flash Player yang terpasang di penjelajah web. Plug-in Adobe Flash Player adalah bagian perangkat lunak yang paling lazim terpasang di komputer pribadi dan mencakup 75% video di Internet.

Pada bulan Januari 2010, YouTube meluncurkan versi uji coba yang memanfaatkan kemampuan multimedia tertanam di penjelajah web yang mendukung standar HTML5. Hal ini memungkinkan video ditonton tanpa Adobe Flash Player atau plug-in lain. Situs YouTube memiliki halaman yang memungkinkan penjelajah web beralih ke uji coba HTML5. Hanya penjelajah yang mendukung video HTML5 dengan format H.264 atau WebM yang dapat memutar video dan tidak semua video di YouTube dapat diputar.

Pengunggahan

     Semua pengguna YouTube dapat mengunggah video dengan batas durasi masing-masing 15 menit. Pengguna yang memiliki jejak rekam baik dengan mematuhi Panduan Komunitas YouTube diizinkan mengunggah video berdurasi 12 jam, tetapi akunnya perlu diverifikasi (biasanya melalui telepon genggam). Saat YouTube diluncurkan tahun 2005, pengguna bisa saja mengunggah video panjang, tetapi batas 10 menit diberlakukan pada Maret 2006 setelah YouTube menemukan bahwa kebanyakan video yang melebihi panjang tersebut berupa acara televisi dan film yang tidak diizinkan. The 10-minute limit was increased to 15 minutes in July 2010. Ukuran berkas dibatasi hingga 2 GB untuk unggahan dari situs web YouTube atau 20 GB jika pengguna memakai penjelajah versi terbaru.

     YouTube menerima video yang diunggah dengan sebagian besar format kontainer, termasuk .AVI, .MKV, .MOV, .MP4, DivX, .FLV, dan .ogg dan .ogv. Format video seperti MPEG-4, MPEG, VOB, dan .WMV juga dapat diunggah. YouTube mendukung 3GP, sehingga video bisa diunggah dari telepon genggam. Video dengan pindai progresif atau terikat bisa diunggah, tetapi untuk kualitas video terbaik, YouTube menyarankan agar video pindai terikat di-deinterlace sebelum diunggah. Semua format video di YouTube memakai pemindaian progresif.

Kualitas dan codec

     YouTube awalnya menawarkan video dengan satu level kualitas, yaitu resolusi 320×240 piksel dengan codec Sorenson Spark (varian dari H.263), with mono MP3 audio. Pada bualn Juni 2007, YouTube menambahkan opsi menonton video berformat 3GP di telepon genggam. Bulan Maret 2008, mode kualitas tinggi ditambahkan hingga resolusi 480×360 piksel. Bulan November 2008, mode HD 720p ditambahkan. Saat peluncuran 720p, pemutar YouTube diganti rasio aspeknya dari 4:3 menjadi layar lebar 16:9. Dengan fitur baru ini, YouTube mulai mengalihkan format kompresi video bakunya ke H.264/MPEG-4 AVC. Pada bulan November 2009, mode HD 1080p ditambahkan. Bulan Juli 2010, YouTube mengumumkan bawha mereka telah meluncurkan serangkaian video berformat 4K, sehingga batas resolusinya naik hingga 4096×3072 piksel. Akan tetapi, per 2012 batas ini diturunkan menjadi 2048 x 1536.

     Video-video YouTube tersedia dalam beragam level kualitas. Nama kualitas standar (SQ), kualitas tinggi (HQ), dan definisi tinggi (HD) sudah diganti dengan angka-angka yang mewakili resolusi vertikal video. Aliran video bakunya menggunakan format H.264/MPEG-4 AVC dengan audio AAC stereo.

Kelebihan

– Memberi kemudahan dalam mencari dan berbagi informasi apapun dalam bentuk video secara gratis

– Video didalam YouTube dapat ditonton berulang – ulang (Reviewable)

– Dapat menjadi ajang untuk mempromosikan diri

– Dapat menjadi media hiburan dimana kita dapat mengakses video musik, berita, lagu, film, dll

– Terdapat search engine yang memudahkan kita dalam mencari video yang diinginkan dan juga dilengkapi dengan menu tambahan Filter sehingga video yag kita cari terurut sesuai yang diinginkan

Kekurangan

– Karena YouTube memberikan kebebasan kepada siapapun untuk mengupload video hanya dengan syarat memiliki akun YouTube, hal ini menyebabkan banyak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab dengan mengupload video yang didalamnya mengandung unsur pelanggaran hukum, seperti sara, pornografi, provokasi, dll

– Buffering video diYouTube bergantung pada kuat lemahnya sinyal koneksi internet kita, kalau lemah maka harus lebih bersabar menunggunya

– Video didalam YouTube umumnya memiki ukuran atau kapasitas sangat besar.

YouTube tidak menyediakan aplikasi pengambilan video di websitenya, sehingga kita harus mencari aplikasi lain seperti keepvid atau YouTube downloader

– Rentannya penduplikasian, dan pembajakan video

Keamanan

     Dari segi keamanan, YouTube sendiri menyediakan pelayanan Pusat Keamanan sebagai tempat referensi, alat, dan kiat mengenai banyak topik sehingga para penggunanya dapat mengetahui cara mengatur privasi dan keamanan, memfilter video yang berpotensi tidak menyenangkan, dan cara melaporkan jika ada video yang tidak menyenangkan dan melanggar hukum terhadap pihak youtube. Tetapi, menurut saya Pusat Keamanan ini masih lemah, karena masih banyak saja video – video yang melanggar hukum beredar di YouTube.

Pemanfaatan & Pengembangan di Masa Depan

     Pemanfaatan YouTube dapat dirasakan dalam banyak aspek, seperti untuk pembelajaran, hiburan, mendapatkan dan berbagi informasi dalam bentuk yang lebih realistis, menuangkan kreativitas, mempromosikan suatu hal, dll. Dalam Pengembangan dimasa depan yang bisa diterapkan yaitu dengan menambahkan fitur untuk mengunduh video dari YouTube secara langsung sehingga para pengguna tidak perlu lagi menggunakan bantuan dari aplikasi lain.

Sekian Pembahasan mengenai Jejaring Sosial YouTube, semoga bermanfaat dan menambah wawasan, Terima Kasih …

Sumber Materi :

http://id.wikipedia.org/wiki/YouTube

http://yogakojiro.blogspot.com/2009/11/berbagai-fakta-tentang-youtube.html

http://riyanhidayat28.wordpress.com/sebuah-kajian-mengenai-you-tube-sebagai-media-untuk-belajar-musik-dan-sarana-menuju-popularitas/

http://beoding.com/beberapa-fitur-terbaru-youtube/

Sumber Gambar :

http://www.softwareorg.com/wp-content/uploads/2010/11/wpid-Chad20Hurley-Steve-Chen-and-Jawed-Karim-Youtube.jpg

http://blogs.independent.co.uk/wp-content/uploads/2012/12/youtuve.jpg

http://downloads.xdesktopwallpapers.com/wp-content/uploads/2012/04/Youtube%20Logo%20Broadcast%20Yourself.jpg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s