Analisa Perusahaan PT Bakrie Telecom Tbk

Standar

Profil Perusahaan

LogoBTEL

 

PT Bakrie Telecom Tbk atau dikenal dengan nama BTEL adalah perusahaan operator telekomunikasi yang menyelenggarakan jasa fixed wireless access (FWA) dengan layanan mobilitas terbatas. Bakrie Telecom memiliki produk layanan dengan nama produk Esia, Wifone, Wimode, dan BConnect. Berdiri di tahun 1993 dengan nama awal PT Radio Telepon Indonesia kemudian berubah menjadi Bakrie Telecom di tahun 2003 dengan menggunakan teknologi CDMA 2000 1x. Pada tahun 2010 Bakrie Telecom melakukan transformasi layanan dengan menyelenggarakan pula layanan broadband wireless access (BWA) dengan menggunakan teknologi CDMA EVDO (Evolution Data Opti-Mized).

Prestasi

PT Bakrie Telecom Tbk sudah banyak menerima prestasi dan penghargaan diantaranya:

  • Indonesia Young Marketer Champions, The Best Chief Marketing Officer – Januari 2011
  • Top Brand Award 2011, Kategori Kartu CDMA Prabayar & Pascabayar – Februari 2011
  • Brand Champions 2011, Kategori Local Brand Esia, Operator CDMA & Data CDMA – Maret 2011
  • Word of Mouth Marketing Award 2011, Best CDMA – Juni 2011
  • Indonesia Celluar Show 2011, The Best Operator CDMA- Juni 2011, dan masih banyak lagi.

Analisa

1. Strength

Di lihat dari sisi kekuatan, PT Bakrie Telecom Tbk memiliki keunggulan di salah satu produknya yaitu esia dengan layanan terbarunya, Esia Max-D. Layanan ini berbasis jaringan CDMA (Code Division Multiple Access) 1X EV-DO (Evolution Data Optimize) Rev. A yang memiliki jalur data khusus, terpisah dengan jalur telepon dan sms. Sehingga layanan akses yang diberikan lebih stabil dibanding penyedia layanan internet berbasis teknologi 3G lainnya.

2. Weakness

Di lihat dari sisi kelemahan, kecepatan internet yang didapatkan sangat bergantung pada daerah yang masuk dalam cakupan jaringan EVDO. Sehingga, untuk daerah yang tidak tercover tidak bisa merasakan layanan internet yang lebih cepat dan stabil.

3. Opportunity

Di lihat dari sisi kesempatan, PT Bakrie Telecom memiliki peluang maju yang bagus. Karena tidak berhenti memberikan inovasi-inovasi di semua produknya yaitu dengan mengeluarkan berbagai layanan terbaru yang semakin memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Salah satunya sudah semakin luasnya cakupan area jaringan esia.

4. Threats

Di lihat dari sisi ancaman, persaingan dalam dunia bisnis di bidang IT sudah semakin ketat. Salah satu ancaman beratnya adalah teknologi terbaru 4G yang sudah digunakan oleh perusahaan lain. Hal  ini perlu di perhatikan oleh PT Bakrie Telecom untuk terus meningkatkan pelayanan dan memberikan inovasi-inovasi terbaru yang semakin memberikan kepuasan terhadap pelanggan, mungkin salah satunya dapat mengganti teknologi yang sudah digunakan dengan teknologi terbaru yaitu teknologi 4G, agar  tetap bisa bersaing dan dapat menarik pelanggan lebih banyak lagi.

Sumber :

http://www.bakrietelecom.com/

http://id.wikipedia.org/wiki/Bakrie_Telecom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s