Penjualan Online

Standar

online-store

      Sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini, kini transaksi jual – beli pun dapat dilakukan secara online dimana setiap individu ataupun perusahaan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa melalui sebuah situs toko online, sehingga memudahkan proses transaksi itu sendiri, pembeli tidak perlu lagi cape – cape datang ke toko, cukup memesannya melalui toko online dan penjual dapat langsung melayani pesanannya.

     Tapi disamping kemudahan yang didapatkan, pasti ada kekurangan yang ditemukan terutama dalam soal keamanan salah satunya maraknya penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Berikut adalah contoh kasus penipuan dari penjualan online :

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYASejumlah korban penipuan belanja online mengisahkan kelihaian para pelaku, dalam meyakinkan dan mengelabui calon korban.

Adrianus Gunawan (23) mengaku tertipu iklan penawaran produk Apple jenis iPad 2. Harga yang ditawarkan pelaku hanya Rp 2,5 juta. Padahal, gadget sejenis di pasaran dibanderol dua kali lipat dari yang ditawarkan ke Adrianus.

Kepada polisi, Adrianus mengaku membeli dua iPad 2, dan mentransfer ke rekening pelaku sebesar Rp 5 juta pada awal Maret lalu. Ternyata, gadget asal Amerika Serikat tidak dikirim pelaku.

“Saya coba hubungi lagi, namun hanya disuruh menunggu,” ungkapnya.

Kerugian lebih besar dialami Iwanul Badri. Mahasiswa semester akhir universitas swasta di Surabaya, mengaku dikerjai penipu bermodus toko online sebesar Rp 20 juta pada 4 Meret lalu. Iwanul tertarik dengan tawaran harga murah untuk semua jenis gadget dalam iklan Facebook.

Gencarnya pelaku men-tag produk gadget ke laman Facebook milik Iwanul, membuat dia tergiur berbisnis gadget. Iwanul pun membeli sejumlah merek gadget dalam jumlah besar, seperti Samsung, iPhone5, Nokia, kamera Canonn dan Nikon. Total, dia sudah memesan gadget dan barang elektronik senilai Rp 48 juta.

Pemuda 32 tahun yang kos di Jalan Dukuh Kupang, awalnya mentransfer Rp 15 juta sebagai uang tanda jadi ke nomor rekening sebuah bank pelat merah atas nama Zamsul Rizal Tombolo. Beberapa hari kemudian, pelaku mengabari kalau barang pesanannya sudah dikirim, namun tertahan pihak Bea Cukai.

“Untuk mengurusnya, pelaku meminta saya kembali mentransfer Rp 4 juta. Pelaku mengaku sudah keluar Rp 10 juta agar barang bisa lolos dari Bea Cukai,” tutur Iwanul.

Untuk meyakinkannya, pelaku memfoto dos siap kirim, lengkap dengan alamat Iwanul. Foto diposting pelaku ke halaman depan Facebook milik Iwanul. Hanya, pelaku kembali meminta tambahan Rp 9 juta agar barang dikirim. Merasa ada gelagat mencurigakan, Iwanul menolaknya. Barang yang dia pesan pun hingga kini tak sampai ke tangannya. (*)

     Sebenarnya terdapat banyak situs – situs penyedia layanan jual beli online di Indonesia, diantaranya tokobagus.com, berniaga.com, zalora.com, bhineka.com, forum jual beli yang terdapat dikaskus.co.id dan masih banyak lagi. Tetapi, pada tulisan kali ini, yang akan saya bahas adalah transaksi jual beli online dengan menggunakan fitur forum jual beli yang terdapat dalam website kaskus.co.id.

KaskusDugem

 

     KASKUS adalah forum diskusi & jual beli terbesar di Indonesia. KASKUS adalah rumah bagi siapa saja untuk menemukan segala hal yang mereka butuhkan. Jutaan orang menggunakan KASKUS untuk mencari informasi, pengetahuan, bergabung dengan komunitas baru, hingga jual beli segala jenis barang dan jasa dengan harga terbaik. KASKUS terbagi kedalam dua jenis forum yaitu Forum & Forum Jual Beli (FJB). Forum adalah tempat untuk mendiskusikan segala hal. FJB adalah tempat untuk bertransaksi jual beli segala macam produk. Forum diskusi KASKUS kerap memberitakan informasi yang tidak bisa ditemukan di portal-portal berita lain. FJB KASKUS juga terbukti sebagai tempat paling lengkap untuk menemukan segala macam produk & jasa.

Berikut ini tahap-tahap melakukan penjualan online pada FJB Kaskus:

  1. Setelah Account dibuat, maka telah sampai pada proses untuk melakukan penjualan online.
  2. Account telah selesai dibuat kemudian kita lanjut pada tahap Sell, kita masuk ke dalam thread FJB penjualan Kaskus, dan pilih di kategori mana kita ingin melakukan penjualan.
  3. Pada Awalnya kita disuruh untuk membuat sebuah account dalam penjualan di tempat yang dimana kita ingin bertransaksi.
  4. Sebagai catatan, dalam melakukan penjualan di kaskus harus benar-benar penempatan lapak penjualan di tempatkan pada Forum Thread yang tepat, karena ada beberapa aturan tersendiri di kaskus yang membatasi hal tersebut.
  5. Setelah Selesai meneliti dimana kita ingin berjualan, kemudian tinggallah saat nya kita menuliskan apa saja barang yang ingin kita perjual-belikan, dan kemudian menunggu buyers untuk membeli barang jualan kita.

Keamanan untuk melakukan pembayaran

Sebagai Seller (Penjual)

1. BACA ATURAN MAIN FORUM

Jika Agan Seller pemula, jangan lupa membaca dahulu peraturan yang ada pada forum tersebut. Tiap-tiap forum umumnya memiliki peraturan tersendiri. Peraturan Forum dapat dilihat di halaman pertama setiap Forum.

 2. PILIH CARA PEMBAYARAN YANG AMAN

Jika bertransaksi dengan Buyer yang belum Agan kenal, sebaiknya menggunakan cara pembayaran dengan menggunakan Rekber (Rekening Bersama) atau COD (Cash on Delivery). Hal ini untuk meningkatkan kepercayaan calon Buyer terhadap lapak agan.

3. BERIKAN INFORMASI LENGKAP DAN BENAR

Berikan judul thread yang jelas dan mudah dimengerti calon Buyer. Penting juga untuk menuliskan informasi yang lengkap dan benar mengenai produk Agan, agar calon Buyer tidak bolak-balik bertanya hal-hal yang sepele. Jangan sampai Buyer merasa tertipu dengan barang yang dibeli hanya karena informasi dari Seller tidak lengkap. Jika produk yang Agan jual bisa difoto, dianjurkan untuk mem-foto dari berbagai sisi.

4. BERIKAN NOMOR KONTAK

Berikan informasi yang lengkap dan benar bagaimana cara calon Buyer bisa menghubungi Agan. Biasanya Seller menuliskan nama, nomor handphone, email dan ID internet messenger (umumnya YM!). Dipersilahkan menambahkan jalur-jalur komunikasi lain (misalnya pin BB, WhatsApp, dsb). Jika tidak bisa standby 24 jam, harap tulis jam berapa saja Agan bisa merespon komunikasi dari calon Buyer.

5. BERGABUNG DENGAN KOMUNITAS

Sebagai Seller, rekomendasi dan referensi dari komunitas bisa membantu untuk memberikan testimoni yang mendukung kepercayaan Buyer terhadap Agan.

6. JANGAN MEMPROMOSIKAN LAPAK JUALAN FJB DI FORUM

Forum hanya untuk berdiskusi. Jualan hanya diijinkan di FJB. Promosi link jualan Agan pada postingan Forum diluar FJB bisa menyebabkan Agan terkena sanksi dari moderator forum yang bersangkutan.

7. TIDAK MENJUAL BARANG YANG MELANGGAR HUKUM

Pastikan produk yang Agan jual adalah produk-produk yang tidak melanggar hukum. Jangan menjual produk bajakan, barang selundupan, narkotika, obat terlarang, manusia, flora dan fauna yang dilindungi, serta hal-hal lain yang melanggar hukum.

8. KONFIRMASI SETELAH MENERIMA PEMBAYARAN

Lakukan konfirmasi kepada Buyer (dan atau penyedia layanan Rekber) jika pembayaran telah diterima.

9. SIMPAN BUKTI TRANSFER

Simpan bukti telah terima transfer dan bukti komunikasi elektronik yang pernah dilakukan dengan pihak Pembeli. Ini bisa digunakan sebagai bukti pendukung jika terjadi masalah dalam proses transaksi yang agan lakukan.

Sebagai Buyer (Pembeli)

1. BACA ATURAN MAIN FORUM

Jika Agan Buyer pemula, jangan lupa membaca dahulu peraturan yang ada pada forum tersebut. Tiap-tiap forum umumnya memiliki peraturan tersendiri.

2. PERHATIKAN REPUTASI SELLER (PENJUAL)

Good Reputation Point (GRP) atau biasa dikenal dengan istilah cendol, tidak menjadi jaminan bahwa Seller tersebut adalah Seller yang 100% bisa dipercaya. Oleh karena itu, Agan perlu memperhatikan hal lainnya, seperti:

Testimoni

Testimoni Buyer sebelumnya bisa menjadi acuan Agan untuk mengetahui reputasi Seller. Klik tanda segitiga pada Quotes testimoni, Agan akan dibawa ke post testimoni asli yang bersangkutan. Jika post invalid, maka bisa disebabkan karena permasalahan pada database old KASKUS atau bisa juga sengaja dipalsukan.

Username

Waspadalah pada username yang menggunakan nomer urut atau menggunakan huruf-huruf acak tanpa makna namun isi thread jualannya banyak yang sama dengan thread lain, karena hal tersebut dicurigai sebagai bot spam.

Join date

Jika Seller tersebut baru bergabung dengan KASKUS (newbie), sebaiknya tidak langsung percaya. Sekalipun Agan tertarik untuk bertransaksi, sebaiknya gunakan cara pembayaran yang aman (Rekber atau COD). Jika join date sudah lama tetapi posting masih sedikit, sebaiknya perhatikan thread atau post dari Seller tersebut.

Jumlah posting

Jumlah posting yang banyak, membantu Agan mengetahui ke-aktif-an Seller dan bagaimana transaksi sebelumnya. Disarankan untuk mengecek terlebih dahulu beberapa postingan Seller tersebut.

3. TELUSURI LEBIH LANJUT TENTANG SELLER

Cari informasi tentang Seller. Bisa dengan search (via Google ataupun KASKUS) nama toko tersebut, nomer rekening, nama penjual, nomer HP-nya, ataupun emailnya. Ini untuk menghindari Agan dari Seller-Seller yang bermasalah.

4. MEMPERKUAT JARINGAN DI KOMUNITAS

Meminta rekomendasi dari komunitas terkait bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui track record Seller.

5. CARI PEMBANDING TERKAIT DENGAN HARGA DAN PRODUK

Sebaiknya cari informasi pembanding untuk produk yang sama, sehingga Agan yakin dalam bertransaksi serta bisa mendapatkan harga yang terbaik.

6. JANGAN BERKALI-KALI MENANYAKAN HAL YANG SEPELE

Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan, sebaiknya dikumpulkan dan disampaikan dalam satu kali. Bolak-balik bertanya akan memberikan kesan bahwa Agan adalah buyer yang sekedar iseng.

7. WASPADAI HARGA YANG TERLALU MURAH

Harga produk yang terlalu murah dibandingkan harga pasaran sangat perlu diwaspadai. Tawaran hadiah atau bonus berlebihan juga termasuk hal yang perlu dicurigai.

8. PILIH CARA PEMBAYARAN YANG AMAN

Jika Agan belum mengenal Seller, pilihlah cara pembayaran yang aman, yaitu Rekber (Rekening Bersama) atau COD (Cash on Delivery). Hindari transfer dalam jumlah berapa pun jika Anda tidak betul-betul mengenal Seller, sekalipun hanya meminta DP (uang muka) sekian persen.

9. KONFIRMASI SETELAH MELAKUKAN PEMBAYARAN

Lakukan konfirmasi setelah Agan melakukan pembayaran (terutama jika menggunakan Rekber). Hal ini mencegah kecurigaan dari pihak Seller bahwa Agan adalah Buyer palsu.

10. SIMPAN BUKTI TRANSFER

Simpan bukti transfer dan bukti komunikasi elektronik yang pernah dilakukan dengan pihak Penjual. Ini bisa digunakan sebagai bukti pendukung jika terjadi masalah dalam proses transaksi yang agan lakukan.

11. BERI TESTIMONI MENGENAI SELLER

Testimoni Agan penting untuk membangun komunitas jual-beli yang aktif, aman dan terpercaya.

Referensi :

http://support.kaskus.co.id/about/about_kaskus.html

http://elangbudi.wordpress.com/2013/05/20/penjualan-online/

http://www.tribunnews.com/2013/03/27/secuil-kisah-korban-penipuan-belanja-online

http://support.kaskus.co.id/jual-beli/tips_transaksi_aman.html

Referensi Gambar :

http://4.bp.blogspot.com/-M1ThH5NhwrU/UU2KfU4AUcI/AAAAAAAAATc/rgABnVk1IGw/s1600/online-store.jpg

http://2.bp.blogspot.com/-FofY1ZHc8cw/UJTMn4CsnHI/AAAAAAAAAIY/BeDjz3Y7YTk/s1600/KaskusDugem.jpg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s